Agustus 26, 2015

Attack on Titan [Part 1] | Review


Niat buat nonton film ini akhirnya terlaksanakan hahaha. Jauh si, harus ke Sidoarjo dulu soalnya cuma ada di Sun City, berhubung Surabaya ga punya blitz (nama bioskop) dan menurut info dari internet kalo live action ini cuma bakal tayang di blitz jadi ya gak apa lah.

Karena temen-temen lagi sibuk ng-ospek-in adik kelas (re: ga ada yang hobi liat anime ber-titan), jadi yaudah pergi sendirian. Tiap kali nonton sendirian mesti sama mbak-mbak ticketnya dilihat dengan tatapan aneh. Lah emangnya kalo aku bilang "satu orang, mbak" kenapa? Gausa ngeliatin kayak aku anak ilang atau gimana kan ya. Percayalah, ibuku sudah memberi izin.
Satu teater isinya mungkin cuma sekitar 30-40an orang, what a weeaboos. Row F adalah baris dimana masih ada orang duduk. Kebawah ya udah kosong gaada orang yang mau ngisi. Sisanya yang berisik ada diatas. Rerata si yang nonton masi pake seragam rame-rame sama gengnya. Geng nerd wahaha bercanda. Jadi berasa udah tua ;_;

Awalnya gara-gara udah namatin animenya yang sesason 1 jadi ya okelah I'll give this movie a go, terus pas tau yang main Kanata Hongo waaaaaaaaaaaaaa. Cast di film ini, di posternya, ga begitu jelas wajahnya. Banyak noda lumpur, yang keliatan bening cuma Mikasa a.k.a Kiko Mizuhara. Cantik deh mbak Kiko, sisanya ya tunggu pas liat filmnya. Pas adegan awal mbak Kiko, ada cewek diatas saya nyeletuk "itu pacarnya JiDi yang perempuan" ke temennya, and I was like 'can you not for a while stop talking also it's none of your bussiness. Shush" tapi ya realitanya aku cuma diem sambil eyeroll.

Oke fokus.

Gak sukanya kalau dari manga ke anime terus ke live action, pasti ada aja bedanya. Entah plotnya, entah tokohnya, entah lingkungannya ada aja yang beda. Aku si cuma ngikutin animenya dan kerasa bedanya. Plotnya berubah!!! Menurut animenya, Eren, Mikasa sama Armin itu selamat dari titan yang masuk ke Wall Maria. Terus mereka masuk ke Wall Rose dan berlatih buat jadi semacam 'tentara' pembasmi titan. Nah di filmnya, pas titan udah masuk Wall Maria dan mulai makan penduduk, Eren, Mikasa sama Armin yang lagi meyelamatkan diri buat masuk ke salah satu rumah besar/ gereja/ gudang terpisah. Terus ada bayi gitu deh dijalan, nah Mikasa pengen nyelamatkan bayi tadi. Otomatis kesempatan dia buat nyelamatkan diri ke rumah besar jadi sedikit karena tempatnya ga cukup dan titan-titan udah mendekat kesitu. Sialnya Eren udah masuk ke rumah besar tadi terus sadar kalo Mikasa masih diluar. Dia pengen masukin Mikasa tapi dicegah sama penduduk lainnya. Eren ngintip ke jendela dan dia ngeliat Mikasa lagi bawa bayi sambil background dibelakangnya ada titan mendekat. Terus gatau kenapa, kayak ada semacam hantaman gitu jadi orang-orang yang didalem rumah pada terhempas kebelakang (ini deskripsi macam apaan haha). Eren buru-buru bangun dan ngeliat kondisi diluar, ternyata Mikasa udah ga ada. Akhirnya dia mutuskan keluar dari rumah itu terus penduduk yang didalemnya  ngunci pintu dari dalem. Tanpa diduga-duga, ternyata dibelakang rumah itu udah ada sekitar tiga titan yang siap buat menghancurkan rumah tadi. BANG, mati semua mereka yang ada didalem rumah tadi. Eren? Dia jalan kelimpungan menerobos puing-puing rumah dengan baju bersimbah darah dari penduduk.

Beda kan? Beda!

Kalo di animenya, tiga bocah tadi itu selamat masuk ke Wall Rose dan dilatih jadi Trainees Squad atau apa gitu lupa sebelum jadi anggota Scouting Legion.

Versi live actionnya ada time skip menuju 2 tahun kemudian. Armin selamat dan barengan lagi dengan Eren di Wall Rose. Mereka udah pakai jaket Scouting Legion. Tapi masih amatir gitu awal-awal. Barulah muncul si Hanji Zoe. Kalo di animenya si ga jelas gendernya dia apa, tapi di filmnya dia adalah perempuan. Dia itu kayak titanogist (lol), yang tau dan mempelajari hal-hal tentang titan. Muncul juga Sasha, Jean, dan beberapa karakter lain dengan nama Jepang. Oiya ada Hiana! Dia ga ada di anime, dan ga tau kenapa aku gak suka sama si Hiana. Harusnya Hiana ini dihapus dan Levi dihadirkan. Ah sayang sekali, sutradara dan direktor berkata lain.

Orang-orang tadi jadi kerjanya memantau keamanan wall dan isinya, juga diberi petisi buat memperbaiki Wall Maria yang bolong gara-gara colossal titan. Jadi mereka berangkat malam hari, dengan anjuran Hanji Zoe bahwa titan kalo malem tidur dan gak begitu awas keadaan, naik truck/ tank. Ditengah jalan menuju pusat kerusakan Wall Maria meraka berhenti karena ngerasa ada yang ga beres. Terus si Hiana mendengar suara anak kecil gitu di reruntuhan bangunan. Eren ngikutin si Hiana. Bener aja, ada anak kecil tapi seukuran titan. Mana Hiana ini pake acara teiak segala hhh jadinya ya bayi titan itu sadar terus nangis. Tangisannya ngebangunin titan dewasa lainnya. Walhasil kocar-kacir deh regu yang dipimpin Hanji Zoe. Ditengah kericuhan titan yang menyerbu dan memakan manusia-manusia kecil, muncullah dua orang misterius. Mereka udah canggih dan bisa menggunakan 'manuver' secara professional. Jadi tebas sini tebas sana, sekian titan ambruk lalu menguap. Iya, kalo tengkuknya ditebas diposisi yang tepat, titan bakal mati dan menguap gitu aja.

Para anggota Scouting Legion ini terkesiap sama aksi dua orang misterius tadi. Si Hanji Zoe juga terkesima haha aktingnya sesuai banget sama animenya. Dua orang tadi adalah Mikasa dan senpainya, Shikishima. Tokoh ini dan plot ini gak ada di animenya oh my god.

Abis gitu mereka tenang dan sembunyi di reruntuhan bangunan yang aman dari titan. Terus Eren tengkaran sama Jean dan dilerai sama Mikasa. She's damn cool! Terus ada adegan Eren menemukan Mikasa yang lagi main piano di bangunan tadi (piano!wtf) mereka ngobrol serius bentar terus tiba-tiba muncul Shikishima. Adegan berikutnya adalah adegan yang cukup membingungkan, karena gak ada korelasinya, like srsly how could you do that?!

Eren stress gara-gara adegan tadi, dan teriak diluar bangunan. Untung ditemukan sama Hiana, kalo gak buru-buru disadarkan sama Hiana pasti titannya muncul lagi. Gak beruntung juga si, soalnya habis itu ada adegan yang gak penting lagi antara Eren sama Hiana. Duh nih cewek-_- tapi twistnya adalah dibelakangnya Hiana muncul titan like wtf!!!!
Yaudah terus perang sama titan lagi. Sisanya hampir mirip sama animenya, yang Mikasa kehabisan bahan bakar 'manuver', Armin hampir dimakan titan, kakinya Eren putus sampe dia berubah jadi titan.

Bedanya, mereka gak menceritakan titan woman. Padahal titan woman ini yang jadi cliffhanger di anime sesaon 1!! Annie yang membeku!! Oya, tokoh Annie juga gak ada, ya banyak plot twistnya lah ya. Tunggu aja part 2-nya. Attack on Titan: End of The World.

CGI-nya emang ga sespektakuler film ala Hollywood, tapi ya okelah. Setelah dilihat secara seksama, castnya lumayan ganteng-ganteng hahahahahahah

3.5/5